APAKAH GAPYEAR MEMALUKAN?

HELLO, ASSALAMUALAIKUM WR.WB

 kali ini gue ingin membahas soal GAP YEAR or ONE YEAR GAP. bagi yang belum tahu gap year itu apa, gap year adalah masa di mana kalian mengosongkan waktu satu tahun kalian guna mencapai tujuan yang kalian inginkan di tahun berikutnya dan waktu satu tahun itu diisi kegiatan kegiatan yang dapat mengantarkan kalian ke tujuan yang kalian inginkan atau bahasa simpelnya kalian nunda satu tahun untuk kuliah atau sebagainya.

 Nah apakah gap year merugikan atau tidak, itu balik ke masing masing orang. mungkin ada yang merasa gap year itu buang buang waktu, buang buang uang orang tua atau bahkan merasa bahwa gap year itu nggak berfaedah tapi menurut gue sendiri yang pernah merasakan nggak keterima PTN alias di tendang sebelum masuk merasa gap year itu perlu karna gue paham banget ama cita cita gue yang nggak sesuai sama kemampuan dan bisa di bilang minim alias otak gue bloon bahasa sundanya. Kalaupun gue maksa mau ambil swasta dengan prodi yang sama gue yakin banget orang tua gue gak bakal mampu bayar karna bisa di bilang keluarga gue masuk dalam katagori menengah kebawah. bisa bisa jantungan mak bapak gara gara uang pangkal kuliah yang seharga mobil Fotuner. maka dari itu gue memutuskan untuk membiarkan satu tahun ini kosong supaya otak gue yang penuh ego ini istirahat dan bisa memutuskan mau kuliah apa dan di mana tanpa mencekik keuangan keluarga gue yang bisa di bilang setiap hari sekarat. 

 Terus ada pertanyaan juga mengenai apakah nggak malu nganggur satu tahun sedangkan teman teman yang lain kuliah atau seenggaknya kerja? 
em... pertanyaan ini bisa dibilang sedikit menyinggung ego karna bagaimana pun manusia itu tidak suka hal hal yang membuat mereka merasa tertinggal atau bahkan rendah dan untuk gue sendiri dulu sih nggak kepikiran  karna yang gue pikirin cuma cita cita gue dan keuangan orang tua, jadi bisa di bilang gue woles meskipun gue jadi rada mundur dari pertemanan SMA gue karna males ditanyain. tapi lama lama rada risih apalagi kalau lagi kumpul keluarga dan yang paling sebel pandangan mereka yang menganggap kalau lo gap year berarti lo bloon alias nggak ada yang universitas yang mau nerima lo. Ini nih rada kesel, belum lagi emak emak yang sibuk membanggakan anaknya dan membanding bandingkan sama gue, dih rasanya pengen gue pelintir tu mulut supaya kalau ngomong tuh mikir dulu. Tidak tahukah kalian bahwa anak anak seperti kami butuh bimbingan, penguat dan dukungan karna berada di posisi yang bisa dibilang gagal itu nggak enak. society yang maha agung aja udah nekan kaya mau mencet jerawat biar kempes yang sakitnya kaya apa ntah dan kalian nambahin tekanan itu semakin besar. OH HELL ingin rasanya ku pindah negara.

 Nah ada satu presepi lagi yang sering menghantui anak anak gap year apalagi yang ego nya setinggi langit yang kalau udah gap year berarti impiannya harus terwujud!. 
oke, bisa di bilang gue juga seperti itu karna ambisi gue terus di kasih makan biar kenyang namun pada kenyataannya gap year tidak selalu menghantar kan lo pada kesuksesan karan gap year itu hanya memberikan kesempatan buat lo mewujudkannya jadi jangan heran jika ada beberapa anak yang gap year masih nggak keterima ptn atau bahkan jurusannya nyasar dari tujuan dan itu wajar men karna dunia ini di penuhi manusi manusia yang memiliki ambisi yang sama dengan lo dan yang membedakan adalah bagaimana lo menyiapkan pesaat tempur lo dengan kemungkinan pesawat lo jadi yang terbaik karna waktu yang lo miliki lebih banyak ketimbang yang nggak gap year. Jadi ini balik lagi ke elonya sendiri sih. kalau lonya gapyear tapi tiap hari di kamar mantengin hp berharap gebetan ngechat atau kerjaan lo nonton sepanjang hari dan cita cita lo mau masuk ITB kan agak ajaib kalau lo lolos. 

Untuk kalian yang ingin gap year jangan pernah takut karna gap year disini bukan hal yang memalukan karna ini hanya masa di mana kalian sedang mempersiapkan keberhasilan kalian meskipun sedikit terlambat dengan teman kalin yang berjalan perlahan. beberapa tips dari aku jika kalian memilih gap year atau bahkan sedang gap year.

1. Ikut bimbingan belajar 
Aku saranin sih INTEN karna aku mantan anak sana dan bisa di bilang ini lembaga bimbingan belajar terbaik dari segala lembaga yang pernah aku coba 

2. Cari informasi sebanyak banyaknya 
Karna satu tahun ini kalian luang jadi gue harap kalian bisa mencari tahu kampus ataupun prodi yang benar benar cocok dan menjadi incaran kalian 

3. Kembangkan skill kalian
Banyak hal yang bisa kalian lakukan, untuk yang punya uang lebih kalian bisa ikut kursus menjahit, les musik maybe or somthing. kalau gue sendiri gue nulis dan tulisannya bisa di lihat di blog ini dan wattpad. wkwk promosi eyy

4. Memperluas pertemanan atau organisasi 
Bagi kalian yang hobinya bersosialisai, waktu waktu kaya gini tuh cocok banget untuk di manfaatkan tapi tetap ingat tanggung jawab kalian karna balik lagi ke awal bahwa tujuan kalian gap year adalah mewujudkan planing atau impian kalian. 

5. Drakor dan film saat suntuk
Bagian ini sih gue banget tapi biasanya gue nonton kalau materi gue yang gue planing setiap bulan itu selesai lebih awal, kalau nggak ya lanjut belajar

6. Quality time with your family 
Nih untuk aanak anak yang keseringan di luar apalagi kalau sekolahnya udah full day, jarang jarang kan bisa ngendep di rumah lama sambil menikmati waktu bersama keluarga. kecuali yang les nya bagai kuda yang di mulai dari pagi sampai malam, ini mah sama aja ngak liburan. 

7. Liburan or traveling
Bagian ini membuat gue excited because gue sendiri pengen tapi karna nggak ada biaya gue jadi terpaksa mengendap di rumah. 

8. Tingkatkan ketaqwaan 
Ini hal penting yang sering terlewatkan, bahkan di sepelekan padahal mengandalkan usaha kalian pada tuhan itu 100.000 kali lebih baik ketimbang diri kalian sendiri apalagi manusia. nggak ada yang sesmpurna Tuhan kalian guys.semua rencananya itu yang terbaik guys, Dialah yang terbaik dari segala yang terbaik. 


oke segini dulu dari gue. untuk kalian yang memilih gap year, gue harap kalian menggunakan waktu kalian dengan baik dan merancang pesawat tempur terbaik supaya lawan lawan kalian ciut seketika. wkwkwk apaan sih mel-_- dan untuk kalian yang sedang gap year lalu jenuh dan merasa hilang arah jangan pernah merasa sedih dan depresi dengan takdir kalian karna kalian tidak sendirian guys, banyak kok di luar sana yang bernasib sama dan mampu menjalani harinya dengan kebahagiaan karna balik lagi ke kaliannya, mampukah kalian  berpositif thinking sama tuhan dan rencananya. karna pada hakikatnya manusia hanya bisa berusaha dan sisanya tuhan lah yang mengatur. 

SEMANGAT BELAJAR DAN JANGAN MAGERAN GUYS

 



 

Komentar